Definisi Efek

I..Pengertian Pasar Modal

Pasar Modal merupakan kegiatan yang bersangkutan dengan penawaran  umum dan perdagangan efek, perusahaan publik yang berkaitan dengan efek yang diterbitkannya, serta lembaga dan profesi yang berkaitan dengan efek. Dalam arti sempit Pasar Modal merupakan suatu tempat yang terorganisasi diamana efek-efek diperdagangkan (yang dikenal dengan bursa efek). Menurut kamus Pasar Modal adalah pasar yang merupakan sarana bagi perusahaan dan pemerintah untuk memperoleh dana jangka panjang dengan cara menjual saham atau obligasi (capital market). Produk yang diperjual-belikan dipasar modal merupakan hak (pemilikan) perusahaan dan surat pernyataan utang perusahaan.

II..Manfaat Pasar Modal

ü  Sumber pembiayaan jangka panjang bagi perusahaan

ü  Wahana investasi bagi investor

ü  Leading Indicator bagi trend ekonomi negara

ü  Penyebaran kepemilikan, meningkatkan keterbukaan & profesionalisme, menciptakan iklim usaha yang sehat

III..Visi dan Misi Pasar Modal

Visi Pasar Modal

Visi Pasar Modal adalah menjadi otoritas pasarmodal yang berkualitas internasional, yang mampu mendorong, mengawasi, dan memelihara pasar sehingga berdaya saing global dan mendukung perkembangan ekonomi nasional.

Misi Pasar Modal

Misi ekonomi : menciptakan pasar modal yang teratur, wajar dan efisien guna menunjang perekonomian nasional.

Misi ekonomi : menciptakan iklim kondusif bagi perusahaan dalam memperoleh pembiayaan bagi modal dalam melakukan alternatif investasi.

Misi Sosial Budaya : mengembangkan masyarakat yang berorientasi pasar modal dalam membuat keputusan pembiayaan dan investasi.

Misi Kelembagaan : mewujudkan lembaga independen dan berkualitas internasional yang selalu memperbaharui dan mengembangkan diri.

IV..Jenis-Jenis Pasar Modal

Pasar Perdana (Primary Market)

Pasar perdana merupakan pasar dimana emiten pertama kali memperdagangkan saham atau surat berharga lainnya untuk publik, yang biasa dikenal dengan penawaran umum atau Initial Public Offering (IPO).

Pasar Sekunder (Secuondary Market)

Pasar yang memperdagangkan efek setelah IPO, dimana perdagangan hanya terjadi antar investor yang satu dengan investor lainnya, transaksi ini tidak lepas fungsi bursa sebagai lembaga fasilitator perdagangan di pasar modal.

Pasar Paralel

Pasar paralel merupakan pelengkap dari bursa efek yang ada. Bagi perusahaan penerbit efek (emiten) dapat menjual efeknya melalui bursa.

V..Para pelaku dalam pasar modal :

  1. Pelaku, yaitu pembeli dan penjual dana/modal
  2. Emiten, pihak yang melakukan penawaran umum.
  3. Komoditi, barang yang diperjualbelikan.
  4. Lembaga Penunjang, lembaga-lembaga swasta yang terkait sebagai profesi penunjang.
  5. Investasi, kegiatan menanamkan modal.

VII..Definisi Efek

Definisi umum Efek adalah bukti-bukti pemilikan sebagian dari kekayaan (perusahaan), pemilikan hak sebagian keuntungan atau hak sebagian atas hutang berjangka panjang. Secara luas Efek merupakan suatu surat-surat berharga jangka panjang yang diperjualbelikan di Pasar Modal. Pada umumnya instrumen atau surat-surat berharga yang diperdagangkan di Pasar Modal dapat dibedakan menjadi surat berharga yang bersifat hutang dan surat berharga yang bersifat pemilikan. Surat berharga yang bersifat hutang umumnya dikenal dengan nama obligasi sedangkan surat berharga yang bersifat pemilikan dinamakan saham.

VIII..Jenis-Jenis Efek

1. Pasar Modal

Efek bersifat Ekuitas

Efek bersifat ekuitas adalah saham atau efek yang dapat ditukar dengan saham atau efek yang mengandung hak untuk memperoleh saham. Bukti kepemilikan suatu perseroan yang merupakan klaim atas penghasilan dan aktiva perseroan yaitu tercatat di Bursa Efek atau tidak tercatat di Bursa Efek. Salah satu jenis efek bersifat ekuitas adalah saham (saham preferen dan saham biasa).

Efek bersifat Hutang

Efek bersifat Hutang merupakan surat pengakuan utang yang sifatnya sepihak dan dapat dimiliki oleh umum. Salah satu jenis efek bersifat utang adalah obligasi.

Derivatif

Derivatif merupakan efek yang diturunkan (underlying) dari instrumen efek baik yang bersifat hutang atau ekuitas. Beberapa instrumen Pasar Modal : Rights, Waran, dan Opsi (Kontrak Berjangka Indeks Efek dan Kontak Opsi Saham).

2. Pasar Uang

IX..Turunan dari efek (derivatif)

Terdiri dari :

  • Klaim (Right Issue)
  • Waran (Warrant)
  • Stock Devidend
  • Saham Bonus
  • Stock Split
  • Option

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: