Krisis Yunani

Sejumlah laporan menyebutkan Perdana Menteri George Papandreou bersedia mengundurkan diri setelah protes besar-besaran menentang kebijakan penghematan oleh pemerintah. Wartawan BBC di ibukota Athena Malcolm Brabant mengatakan pemerintah pimpinan Papandreou sepertinya ambruk menyusul penentangan yang dilakukan para anggota parlemen atas kebijakan pemangkasan anggaran pemerintah.

“Perdana menteri selalu mengatakan dirinya memiliki kekuatan untuk menyelamatkan perekonomian Yunani dari kehancuran,” kata Brabant.

“Namun ketika ia menghadap presiden, sepertinya ia harus mengakui bahwa dia telah kehilangan dukungan dan tak mampu lagi untuk memerintah,” lanjut wartawan BBC.

Sebelumnya para pengunjuk rasa bentrok dengan polisi di luar gedung parlemen di Athena. Ini adalah kekerasan terburuk di ibukota dalam setahun terakhir. Wartawan BBC mengatakan ini menjadi tanda bahwa masyarakat tidak lagi menerima kebijakan penghematan besar-besaran. Kreditor utama Yunani, Uni Eropa dan Dana Moneter Internasional menuntut penghematan lanjutan sebagai syarat kucuran dana bantuan.

Menurut saya semestinya dalam suatu Negara untuk menyelesaikan masalah krisis ekonomi seperti ini harus adanya kerjasama dengan rakyatnya seperti yang pernah dilakukan Negara Cina waktu lalu. Negara tersebut melibatkan rakyat untuk membantu menyelesaikan krisis ekonomi Negara dengan mengumpulkan satu hari satu butir beras. Di kemudian hari kita dapat melihat hasilnya bahwa Negara Cina dapat berkembang dengan baik karena melibatkan rakyatnya sehingga rakyatpun punya rasa nasionalisme yang tinggi. Ada baiknya Yunanipun melakukan hal yang sama karena Negara itu bukan punya pemerintahan tapi kepunyaan seluruh rakyat.

Sumber :

http://www.bbc.co.uk/indonesia/dunia/2011/06/110615_krisis_yunani.shtml

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: