Iklan di televisi baik atau buruk?

Dalam dunia usaha iklan dalam televisi sangat membantu untuk memperkenalkan penjualan suatu barang atau jasa. Tentunya barang atau jasa yang dipasarkan melalui iklan telah diseleksi dan dipertimbangkan bahwa barang atau jasa tersebut layak untuk bersaing dipasaran. Memang untuk memasarkan suatu barang atau jasa di iklan televisi itu memakan biaya yang sangat mahal. Maka dari itu perusahaan sangat menguras otak dan dirancang sekereatif mungkin supaya barang dan jasa yang dipasarkan dapat diterima bahkan jadi brand bagi masyarakat. Mulai dari barang atau jasa yang murah dan mudah didapatkan sampai barang atau jasa yang mahal dan hanya orang tertentu yang dapat membelinya.

Iklan tersebut mempunyai pengaruh yang sangat besar bagi masyarakat. Keunggulan barang atau jasa yang dipasarkan melalui iklan ditelevisi sangat membantu masyarakat mengenal produk-produk perusahaan. Jadi masyarakat tidak perlu direpotkan untuk mencari informasi sebanyak mungkin untuk barang atau jasa yang diperlukannya. Apalagi dengan iklan yang memakai artis-artis besar sangat mempengaruhi masyarakat untuk membeli barang atau jasa tersebut. iklan ditelevisi akan sangat membantu bagi mereka yang dapat menerima informasi iklan tersebut dengan baik dan bijak.

Dampak yang negatif dari iklan ditelevisi secara tidak langsung iklan tersebut mempengaruhi otak masyarakat, biasanya yang lebih dikenal dengan “cuci otak”. Kenapa demikian? Karena dengan iklan yang rutin dan diulang-ulang secara tidak langsung iklan tersebut sedang menguasai otak kita sehingga kita terdorong untuk mendapatkan barang atau jasa tersebut padahal kita sedang tidak membutuhkannya. Apalagi dengan iklan yang berhubungan dengan hal-hal keintiman suami istri, rokok, dan sebagainya. Hal itu mungkin kurang menjadi perhatian perusahaan karena dampaknya akan menjadi sangat buruk bagi anak-anak dibawah umur. Saya sangat berharap bahwa adanya peranan khusus dari pemerintah untuk membatasi iklan-iklan yang ada. Semoga dengan ini akan menjadi pertimbangan perusahaan dalam memasarkan dan mengiklankan produk-produknya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: