Mari Budayakan Membaca

Jujur saja dikalangan kebanyakan anak muda masa kini, membaca menjadi hal yang sangat tidak diminati. Maka alhasil kebanyakan anak muda lebih senang dengan jalan-jalan ke mall, main game, pergi ke tempat rekreasi dan sebagainya. Mengapa itu bisa terjadi? Karena budaya membaca tidak dibiasakan dirumah. Rumah dan seisinya mempunyai peranan penting dalam menjadikan anak-anak gemar membaca. Padahal membaca itu dapat membuat kita menjadi pintar dan memperkaya pengetahuan.

Salah satu alternatif yang saya dapat untuk menjadikan budaya membaca dapat diminati oleh semua orang yaitu dengan memanfaatkan media dan teknologi pada era ini. Kita dapat mengaplikasikan setiap pengetahuan yang akan diurai dalam sebuah buku atau apapun kedalam media dan teknologi tersebut. Contohnya pada era ini yang menjadi trend dikalangan masyarakat yaitu sebuah “tablet/tab” kita dapat membuat suatu tulisan sekereatif mungkin, mulai dari warna tulisan maupun diberi sedikit gambar-gambar sehingga bacaan atau tulisan tersebut terlihat menarik. Kita harus membiasakan diri dengan media dan teknologi yang terdapat dalam setiap generasi. Khususnya untuk anak-anak, mereka akan condong lebih cepat menyerap suatu tulisan dan pengetahuan dengan apa yang mereka lihat, rasakan dan dapat diimajinasikan dalam pikiran mereka.

Memang tidak semua orang dapat mempunyai alat atau media secanggih yang sedang mewabah dimasyarakat kalangan atas. Alternatif lain yaitu dengan adanya perpustakaan keliling atau perpustakaan yang menetap pada tempat tertentu. Tapi tak dapat dipungkiri bahwa membaca itu menjadi hal yang sangat sulit dilakukan apabila kita membatasi diri untuk menerima pengetahuan akan dunia. Oleh karena itu budaya membaca harus ditanamkan sejak usia dini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: