Peramalan (Forecasting)

Menurut Bernadeta (2010), dunia usaha pada saat ini telah berkembang pesat, setelah adanya perdagangan bebas, persaingan menjadi sangat ketat, sehingga setiap penjual harus waspada dalam menghadapi persaingan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut yang biasa diambil dari berbagai alternatif pilihan yang ada. Oleh sebab itu penjual perlu untuk menetapkan keputusan yang benar dalam menghadapi masa depan yang penuh dengan ketidakpastian agar usaha tersebut dapat meraih keberhasilan.

Langkah yang paling awal dalam perencanaan adalah mencoba untuk mengetahui pertumbuhan atau perkembangan yang terjadi dalam masyarakat, khususnya terhadap kebutuhannya. Pertumbuhan kebutuhan tersebut merupakan dasar dari rencana-rencana kerja yang harus dilakukan oleh penjual agar dapat tercapai adanya keseimbangan yang mengantungkan bagi usaha tersebut. Oleh karena itulah maka perlu kita mengetahui perkembangan kebutuhan masyarakat tersebut, baik terhadap jenis kebutuhannya, banyaknya kebutuhan yang terjadi dimasa depan maupun mutu yang diinginkan masyarakat.

Berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat disertai dengan ketatnya persaingan dalam dunia usaha mengakibatkan adanya persaingan antara toko yang satu dengan toko yang lainnya dalam memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya kepada konsumen. Pencatatan data penjualan dari waktu ke waktu berguna untuk melihat gambaran tentang perkembangan suatu toko, apakah mengalami kenaikan atau mengalami penurunan.

Peramalan penjualan dilakukan dengan memanfaatkan berbagai teknik forecasting, termasuk pengecekan apakah teknik yang dipergunakan dapat dipertanggungjawabkan atau tidak. Untuk membuat ramalan penjualan langkah yang diperlukan adalah mengumpulkan, menggunakan dan menganalisa data-data penjualan masa lalu. Peramalan penjualan sangat mendukung perencanaan yang menyeluruh.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: